Membuat tabel dengan phpMyAdmin

Sebelum membuat sebuah tabel didalam database, kita harus membuat database di phpMyAdmin terlebih dahulu. Untuk membuat database pada phpMyAdmin silahkan baca postingan Langkah-langkah membuat database dengan phpMyAdmin.

Setelah kita sudah selesai membuat database, baru kita bisa membuat tabel. Disini saya menggunakan database dengan nama "akademik" sesuai dengan tutorial yang sebelumnya saya posting.

Pada bagian tampilan phpMyAdmin, pada bagian samping kiri, pilih database "akademik" yang artinya tabel yang akan kita buat akan terletak di database "akademik". Kemudian akan tampil tampilan seperti berikut.

Pada kolom Create Table untuk membuat nama tabel yang akan kita buat dan pada kolom Number of columns untuk memasukkan jumlah kolom pada tabel yang akan kita buat. Kali ini kita akan membuat tabel "SISWA", ikuti langkah seperti gambar dibawah.


Kalau sudah selesai, klik Go untuk pembuat tabel "SISWA". Kemudian akan tampil tampilan berikut.


Langkah selanjutnya adalah mengimputkan nama field, tipe dan panjang, sesuaikan dengan gambar diatas. Untuk menambahkan kolom pada tabel, kita tinggal klik Go pada kolom Add Columns(s) Kalau sudah selesai, klik Save.

Kemudian tunggu proses pembuatan tabel selesai dilakukan, kalau sudah selesai kemudian tampilannya akan seperti dibawah ini.


Untuk membuat tabel lagi, kita tinggal mengimputkan nama tabel pada kolom Create Table, dan langkahnya sama dengan yang diatas.

Sekian tutorial saya kali ini, semoga bermanfaat.

Modul Pemrograman Web Kelas X RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) Kurikulum 2013

Berikut ini saya lampirkan materi Pemrograman Web per kegiatan pembelajaran, modul ini saya buat sendiri yang saya peroleh dari pengalaman mengajar di sekolah dan referensi dari buku-buku pelajaran maupun di internet.

Modul ini berisi materi yang mudah dimengerti dan dipraktekkan, selain itu modul ini juga berisi tentang evaluasi pembelajaran per kegiatan pembelajaran.

Semoga modul ini bermanfaat baik bagi guru mata pelajaran Pemrograman Web atau siswa kelas X RPL, TKJ maupun Multimedia.


Catatan :
Jangan lupa klik iklan dan jangan lupa bahagia..

Membuat Lingkaran di Netbeans dengan LWJGL



Kali ini kita akan membuat lingkaran di Netbeans dengan LWJGL, sebelum membuat script nya di Netbeans, terlebih dahulu kalian baca artikel Langkah – langkah instalasi LWJGL ke dalam IDE Netbeans, yang artinya kita akan menggunakan fasilitas LWJGL untuk menampilkan lingkaran di Netbeans. 

Baik langsung aja, langkah pertama adalah membuat Class Lingkaran, untuk membuat Class Lingkaran ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cari nama Project yang kita buat, nama projek saya disini adalah ProjectLWJGL, kalau sudah ketemu nama projectnya, klik kanan projectlwjgl pada  folder Java Source Package -- pilih New -- pilih Java Class













Kemudian akan tampil jendela New Java Class, untuk Class Name nya tulis Lingkaran. Kalau sudah klik Finish.













Maka pada Project akan terbentuk Class Lingkaran dan lembar kerja untuk membuat scipt yang nantinya kita gunakan untuk memasukkan scrip Lingkaran.
Untuk membuat Lingkaran, silahkkan tuliskan script seperti dibawah ini.
















Kalau sudah selesai, silahkan disimpan, kemudian klik kanan pada Class yang dibuat yaitu Lingkaran.java, kemudian pilih File Run.












Tunggu sampai tampil lingkarannya, seperti gambar berikut.
Catatan :
Kalau kita ingin lingkaran lebih besar, kita tinggal mengatur ukuran lingkarannya di public void render.

Kalau kalian capek baca script di atas, disini saya siapkan file txt nya membuat lingkaran atau yang mau lebih gampang lagi, tinggal copy paste projeknya, silahkan download disini membuat lingkaran kemudian ekstrak filenya, taruh di mana tempat menaruh projek netbeans nya (biasanya seh di file Document -- NetBeansProjects) atau pada aplikasi Netbeans klik File -- Open Project -- Cari folder projek yang sudah di ekstrak tadi, pilih -- Open Project.

Sekian tetutorial saya kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.


Langkah-Langkah Instalasi Dreamweaver CS3

1. Sebelum kita menginstal Adobe Dreamweaver CS3, hal yang terlebih dahulu kita persiapkan adalah aplikasinya. Kalau kita siap, kita tinggal mencari dimana tempat aplikasinya, seperti gambar dibawah ini.
2. Setelah ketemu, kita buka folder aplikasi Adobe Dreamweaver CS3 nya, kemudian double klik aplikasi yang berekstensi *.exe, kemudian tunggu proses ekstrak sampai dengan selesai.
3. Kemudian akan keluar jendela Adobe Setup seperti gambar dibawah ini.
4. Kemudian akan tampil jendela Adobe Dreamweaver CS3 Installer : License Agreement, kemudian dilanjutkan dengan mengklik Accept.
5. Kemudian akan tampil tampilan dimana lokasi instalasinya, peserta memilih lokasi instalasinya di Local Disk : C, kemudian klik Next, akan tampil tampilan untuk memilih partisi.
6. Kemudian klik Install, kemudian proses installasi Adobe Dreamweaver CS 3 telah dimulai, dan tunggu sampai proses installasinya selesai.
7. Jika proses installasinya selesai, maka akan tampil tampilan seperti berikut.
8. Kemudian klik Finish. Maka proses instalasi Adobe Dreamweaver CS 3 selesai dilakukan. Agar aplikasi Adobe Dreamweavernya kita pergunakan secara permanen, kita tinggal mengaktifasinya dengan cara mengcopy file aktifasinya pada folder Adobe Dreamweavernya.
9. Kemudian kita taruh di Local Disk : C -- Program Files -- Adobe -- Adobe Dreamweaver CS3 -- Klik kanan kemudian pilih Paste, kemudian muncul jendela Copy File, dilanjutkan dengan memilih Copy and Replace.
10. Kemudian tampil tampilan jendela Destination Folder Access Denied, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
11. Proses copy berhasil dilakukan.
Proses Instalasi berhasil dilakukan dan aplikasi Dreamweavernya siap digunakan tanpa ada kata registrasi.

Untuk berbentuk file, silahkan download Langkah-langkah instalasi Dreamweaver CS3.

Langkah-langkah Instalasi XAMPP 1.8.3. Lengkap dengan Gambar

Sebelum proses installasi, kita harus mempersiapkan installer dari aplikasi yang akan kita instal. Dalam postingan kali ini, saya menggunakan XAMPP 1.8.3. Kalau belum punya, silahkan download disini












Klik dua kali pada XAMPP-win32-1.8.2-VC11-installer, sehingga akan muncul gambar seperti dibawah ini. Klik Yes.








Kemudian akan tampil jendela Warning, lanjut dengan mengklik tombol Next.







Pada Jendela Setup klik Next untuk melanjutkan instalasi.
















Selanjutnya adalah menampilkan komponen-komponen yang akan di instal, kemudian tandai semua bagian yang ada dalam menu Select Component, kemudian klik Next.
















Kemudian akan tampil tampilan untuk menentukan letak penyimpanan installernya, simpan folder XAMPP pada Local Disk: C, kemudian klik tombol Next.
















Klik Next pada jendela Setup.
















Kemudian akan tampil tampilan proses instalasi berlangsung sampai dengan selesai.
















Klik ceklis pada bagian Do You want to start the Control Panel now? yang atinya setelah kita mengklik tombol Finish maka kita akan tertuju ke Control Panel XAMPP, kemudian klik Finish.
















Kemudian akan muncul tampilan XAMPP Control Panel seperti gambar dibawah ini.













Kemudian untuk aktivasinya kita tinggal klik Start pada Action Apache, kemudian tunggu sampai Apache pada Modul berwarna hijau yang artinya Web Server Apache sudah berjalan.













Kalau kalian malas copy paste di halaman ini, silahkan download file langkah-langkah instalasi dan Aktivasi XAMPP 1.8.3.

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.Kalau bermanfaat bagi kalian, silahkan luangkan waktu untuk mengklik iklan di samping kanan.

Suksma

Pengertian HTML dan Struktur Dasar HTML


Dalam sebuah dokumen, struktur sangat penting untuk mempermudah pembaca dalam memahami dan mencari pesan atau informasi yang disampaikan melaui dokumen web. Struktur tersebut juga akan mempermudah penulis dalam mengelola informasi sperti memperbaharui, menambah atau menghapusnya.

Pengertian HTML
HTML yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language adalah bahasa markup yang terdiri dari seperangkat tag-tag dan digunakan untuk mendeskripsikan dokumen atau halaman web. Dokumen HTML tersebut terdiri dari tag-tag HTML yang menjelaskan berbagai ragam jenis isi dokumen yang berbeda-beda.

Struktur Dasar HTML



1. DOCTYPE deklarasi mendefinisikan jenis dokumen menjadi HTML. 
2. Teks antara <html> dan </html> menggambarkan sebuah dokumen HTML.
3. Teks antara <head> dan </head> memberikan informasi tentang dokumen.
4. Teks antara <title> dan <title> memberikan judul untuk dokumen.
5. Teks antara <body> dan </body> menggambarkan isi halaman yang terlihat dalam browser.
6. Teks antara <h1> dan </h1> menggambarkan sebuah judul.
7. Teks antara <p> dan </p> menggambarkan sebuah paragraf.

Langkah – langkah instalasi LWJGL ke dalam IDE Netbeans

Baik gak usah banyak basa basi, langsung aja kita praktekkan. Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah di komputer kita harus terinstal aplikasi Netbeans. Jadi disini saya menggunakan Netbeans 8.0.2. 

Bila di komputer kalian belum terinstal, silahkan minta sama teman atau download jdk-8u51-windows-x32 dan netbeans-8.0.2-windows. Bagaimana cara instalasinya, silahkan kunjungi tetutorial Langkah-langka menginstal Netbeans 8.0.2.

Bila Netbeansnya sudah terinstal di komputer kita, hal yang kedua dipersiapkan adalah mengunduh komponen LWJGL lwjgl-docs.ziplwjgl-source.zip dan lwjgl-2.9.1, gak usah bingung nyarinya dimana, silahkan download disini.

Kalau sudah berhasil didownload, silahkan pindahkan hasil downloadan tersebut di Local Disk : E/D/F, kemudian di ekstrak dan buka folder hasil ekstak yang tadi seperti gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya adalah ekstrak file LWJGL lwjgl-docs.zip, lwjgl-source.zip dan lwjgl-2.9.1 seperti gambar berikut.
Kalau sudah selesai, buka aplikasi Netbeans IDE 8.0.2.
Klik File --> New Project
Pilih Categories Java --> Project Java Aplication --> Next
Beri nama Project Name : ProjectLWJGL, pada tombol Project Location kita bisa menentukan dimana project yang kita buat tersimpan. Kemudian klik Finish.
Pada kolom Project di sebelah kiri, klik project yang baru kita buat ProjectLWJGL, kemudian klik Tools pada Menu bar-- pilih sub menu Libraries.

Kemudian akan tampil jendela Ant Library Manager, klik New Library, kemudian beri nama LWJGL pada Library Name, kalau sudah klik Ok.
Kemudian cari Library yang baru kita buat, kalau ketemu klik library LWJGL kemudian pilih tab Classpath dilanjutkan dengan mengklik Add JAR/Folder.
Kemudian arahkan ke folder komponen-LWJGL -- lwjgl-2.9.1 -- jar -- pilih file jinput, lwjgl dan lwjgl_until kemudian klik Add Jar/Folder.
Kemudian dilanjutkan dengan memilih Tab Source --  Add Jar/Folder.
Masuk ke folder komponen-LWJGL -- pilih folder src -- pilih folder generated dan java kemudian pilih  Add Jar/ Folder.
Pilih Tab Javadoc -- Add Jar/Folder
Pilih folder javadoc -- Add Jar/Folder
Kemudian dilanjutkan dengan memilih Tab Classpart, lanjut klik Ok.
Dilanjutkan dengan menambahkan library LWJGL ke dalam Aplikasi/ Project yang kita buat dengan cara klik kanan pada Libraries Project LWJGL, pilih Add Library.
Kemudian pilih LWJGL, klik Add Library.
Maka secara otomatis Libaries LWJGL akan masuk ke project seperti gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya, copy file lwjgl-2.9.1 yang terletak di folder komponen-LWJGL kemudian taruh atau paste di Local Disk: C.



 






Konfigurasi VM dengan cara klik kanan pada project  ProjectLWJGL kemudian pilih Properties.












Kemudian pilih Run dan tambahkan script berikut ke kolom VM Option
-Djava.library.path=C:\lwjgl-2.9.1\native\windows
Catatan : pastikan folder lwjgl-2.9.1 sudah tersimpan di Local Disk: C
Misal kalau kita menaruh folder lwjgl-2.9.1 didalam sebuah folder, misal kita taruh folder lwjgl-2.9.1 didalam folder Project maka script nya menjadi :
 -Djava.library.path=C:\Project\lwjgl-2.9.1\native\windows

Kemudian bila kita ingin membuat sebuah projek, misalnya membuat titik atau garis kita tinggal klik kanan pada projectlwjgl di folder Source Package -- New -- klik Java Class.
Sekian postingan saya kali ini, lumayan sangat panjang dan menyita banyak waktu, semoga postingan saya bermanfaat dan jangan lupa di share dan beri komentar.
Terima kasih